Pengertian Tenaga Endogen

Sudah kita ketahui secara bersama-sama bahwa permukaan bumi itu tidak rata. Mungkin saja di suatu tempat dulunya merupakan permukaan bumi yang rata, namun karena disebabkan adanya tenaga endogen maka permukaan bumi yang rata tersebut berubah menjadi bukit atau jurang ataupun malah menjadi pegunungan. Itu bisa terjadi karena disebabkan oleh tenaga endogen. 

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam perut bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi yang merupakan lapisan terluar dari bumi. Tenaga endogen dapat merubah permukaan bumi yang datar menjadi tidak datar lagi seperti menjadi jurang, bukit dan pegunungan seperti yang sudah saya singgung diatas.



Macam-macam tenaga Endogen

Tenaga endogen secara umum dibagi menjadi 3 bagian yaitu tektonisme, vulkanisme dan seisme atau gempa bumi.
  1. Tektonisme adalah tenaga yang berasal dari kulit bumi yang menyebabkan perubahan gerak naik maupun turunnya lapisan permukaan bumi, baik mendatar maupun vertikal.
  2. Vulkanisme adalah suatu peristiwa yang berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi menuju ke lapisan bumi terluar atau kulit bumi. Magma adalah campuran batu-batuan dalam keadaan cair, liat serta sangat panas yang berada dalam perut bumi. Aktivitas magma disebabkan oleh tingginya suhu magma dan banyaknya gas yang terkandung di dalamnya sehingga dapat terjadi retakan-retakan dan pergeseran lempeng kulit bumi. Magma dapat berbentuk gas padat dan cair. Proses terjadinya vulkanisme dipengaruhi oleh aktivitas magma yang menyusup ke lithosfer (kulit bumi). Apabila penyusupan magma hanya sebatas kulit bumi bagian dalam dinamakan intrusi magma. Sedangkan penyusupan magma sampai keluar ke permukaan bumi disebut ekstrusi magma.
  3. Seisme atau gempa bumi adalah pergeseran lapisan batuan yang menyebabkan terjadinya getaran yang hebat. Gempa bumi pada umumnya dapat merusak permukaan bumi.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat blog Jendela Informasi tentang pengertian dan macam-macam tenaga endogen. Kalian juga dapat membaca artikel saya yang lain seperti Daftar Harga Sony Xperia atau Daftar Harga Laptop Toshiba Satellite.

Pengertian Tenaga Endogen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: